Thursday, September 22, 2016

Ini Dia Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Baca Juga




Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Cara menurunkan berat badan secara alami bisa dilakukan oleh setiap orang asalkan memiliki komitmen yang kuat. Seringkali orang yang awalnya sangat bersemangat untuk menurunkan bobot badan akhirnya patah di tengah jalan karena merasa malas atau teralihkan pada fokus yang lain. 

Jadi, kalau memang berniat untuk menurunkan bobot badan secara alami, pastikan dulu pada niat tersebut. 

Pilihan menurunkan bobot badan secara alami pun sangat penting karena metode ini jauh lebih aman daripada menerapkan beberapa alternatif yang kurang bagus dari segi dampak kesehatan tubuh. 

Menurunkan bobot badan secara alami pun kelak akan sangat bermanfaat seiring pertambahan usia dari pelakunya.

Diet Sehat dan Alami
Pada dasarnya, setiap orang punya proporsi diet yang berbeda. Diet jangan dipahami sebagai cara mengurangi atau bahkan tidak makan. 

Diet pada dasarnya merupakan metode sederhana bagaimana kita mengatur apa yang kita makan, porsi, serta waktunya. 

Diet sehat yang alami pun sangat sederhana karena selalu menyesuaikan pada nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Banyak yang bilang bahwa diet itu membutuhkan biaya yang sangat mahal. 

Persepsi itu jelas salah total karena setiap orang bisa menjalankan dietnya bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang berlebihan.

Latihan Fisik
Maksudnya jelas olahraga. Sulit sekali menurunkan bobot badan secara alami kalau cuma mengandalkan pada faktor makanan. 

Memang metode itu selalu berhasil dengan praktik yang sangat disiplin. 

Tapi latihan fisik pun sangat dibutuhkan selain kebutuhan untuk membakar kalori dalam tubuh. Latihan fisik atau olahraga ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh serta mempercepat penurunan bobot badan. 

Caranya juga tidak terlalu sulit dan bisa dibilang sangat ringan. Misalnya dengan berlari santai setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

Tak perlu memaksakan diri karena selalu bisa disesuaikan pada kemampuan fisik. Namun penting juga untuk mengkonsultasikan dulu pada dokter atau pakar kesehatan jika punya keluhan penyakit tertentu.

Beberapa pilihan olahraga lain yang mengasyikkan pun bisa dicoba. Seperti berenang, olahraga permainan seperti sepakbola, dan sebagainya. 

Namun harap atur waktu yang baik dan sebaiknya tak usah gila-gilaan alias terlalu memaksakan diri. Tubuh akan dengan cepatnya menyesuaikan diri apalagi jika metode diet sudah diterapkan dengan lancar. 

Syaratnya ialah kemampuan menyeimbangkan antara makanan dan aktivitas fisik. Bahkan kalau setiap hari sudah beraktivitas fisik dalam pekerjaan pun hanya perlu olahraga yang ringan. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemasanan sebelum menjalankan aktivitas olahraga. Hindari risiko seperti keselo hingga kelelahan yang berlebihan.

Mengatur Waktu Istirahat
Salah satu kunci penting dari program penurunan bobot badan secara alami ialah mengatur waktu istirahat. Adanya anggapan bahwa sering begadang bisa membuat badan kurus. Itu adalah anggapan yang salah besar. 

Justru orang yang terlalu sering begadang, kurang istirahat, sering mengantuk, dan sejenisnya memiliki potensi obesitas yang sangat tinggi. 

Aturlah waktu istirahat secara wajar. Berikan hak kepada tubuh Anda sendiri untuk beristirahat. Jika dalam program penurunan berat badan ini malah jatuh sakit akan merugikan Anda sendiri. 

Mengatur waktu istirahat pun tidak perlu berpatokan pada pakem misalnya tidur harus cepat dan beberapa jam sehari. Setidaknya adalah waktu istirahat yang berkualitas dan bisa mengembalikan kebugaran Anda setiap hari.

Mengelola Stres
Setiap orang punya potensi stres. Dan dari stres inilah bisa timbul berbagai penyakit yang kadang susah disembuhkan. Begitu pula dengan pengaruhnya pada bobot badan. 

Orang yang stres biasanya akan susah makan atau jadi ngawur dalam menyantap porsi makanan setiap hari. Ancaman terburuk adalah lonjakan bobot badan dalam waktu beberapa hari karena stres. Bagaimanakah cara mengelola stres? 

Kembali pada persoalan waktu istirahat itu. Gunakanlah semua waktu berharga Anda untuk menikmati hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia. Setiap orang berhak menikmati itu. 

Bahkan mereka yang merasa tak pernah punya waktu pun sebenarnya memiliki kesempatan itu.

Komitmen Kuat
Ingin menurunkan bobot badan namun hanya angin-anginan atau terlalu bersemangat di awal. Jelas sekali ini bisa merugikan orang itu sendiri. 

Sudah susah payak merancang jadwal latihan fisik, pola makan, dan sebagainya, ternyata malah mundur di tengah perjalanan. Artinya, harus ada komitmen kuat untuk menurunkan bobot badan secara alami. Pikirkanlah apa risiko jika bobot badan berlebihan sementara usia semakin bertambah. 

Komitmen yang kuat ini sebaiknya dibangun melalui cara menurunkan bobot badan bersama rekan atau beberapa teman. Biasanya jika sama-sama memulainya akan lebih berdampak positif pada hasilnya. Silakan merencanakan program penurunan bobot badan ini senyaman mungkin dan terapkanlah gagasan-gagasan yang tak membosankan untuk dijalani.

Target
Lebih ideal lagi kalau punya target dalam penurunan bobot badan. Target ini bisa berarti berapa bobot badan yang diinginkan atau mau apa setelah memiliki bobot badan yang diharapkan. 

Untuk yang pertama, program terberat biasanya dialami di minggu-minggu awal. Penuhilah target untuk menurunkan bobot badan ini misalnya dalam hitungan satu bulan atau mungkin dua minggu. 

Lebih tersistematis dan pastinya akan memudahkan dalam mencapai apa target selanjutnya. Ada kepuasan tersendiri jika mampu melampaui target pertama dari program penurunan bobot badan ini. 

Sementara itu, untuk target yang bukan berupa ukuran bobot badan akan lebih berat. Karena Anda tak punya patokan jelas sampai seberapa ideal bobot itu dicapai. Tapi cara ini pun akan menarik kalau Anda punya komitmen yang sangat kuat.

Pemantauan Hasil
Setiap perkembangan dari program diet dan latihan fisik sebaiknya dipantau secara berkala. Pemantauan ini bisa dilakukan dengan mencatat hasil setiap pekan dengan catatan tertentu. 

Misalnya kalau tak sesuai target, maka harus ada yang diperbaiki. Pemantauan hasil secara intensif akan sangat bermanfaat dalam memacu motivasi yang terus menerus sekaligus menguatkan komitmen dari pihak yang menjalankan program penurunan bobot badan itu. 

Jangan dibayangkan sebagai metode yang rumit selama pemantauan hasil latihan ini. Cukup pencatatan standar dan terus menerus mengecek apa saja kekurangan yang dialami atau keterbatasannya.

Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Kesehatan
Kaitannya dengan pemantauan hasil yaitu sekaligus melakukan evaluasi. Evaluasi ini bisa dilakukan setiap bulan sekali atau dengan ketentuan yang sudah dipahami sebagai pelaku program penurunan bobot badan. 

Yang paling penting ialah bagaimana hasil evaluasi itu bermanfaat bagi hasil dari program tersebut. Dan sangat penting untuk menanamkan pikiran bahwa penurunan bobot badan ini tak akan selesai hanya karena sudah mencapai target. 

Ada yang jauh lebih penting dan seharusnya dilakukan terus yaitu peningkatan kualitas kesehatan. Mulailah untuk hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan bermutu, serta latihan fisik yang terjadwal dengan baik. Sebabnya, ada banyak orang yang berhasil dengan diet tapi ketika sudah berjalan beberapa bulan kembali mengalami kegemukan. Jadi, hindarilah risiko semacam itu.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya