Monday, August 25, 2014

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Baca Juga



Manfaat Madu Untuk Kesehatan - Salah satu obat alami yang dianjurkan dalam islam adalah madu. Sejak dulu, madu dipercaya memiliki berjuta khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Ini karena kandungan glukosa murni dan berbagai vitamin yang sulit dijumpai pada jenis makanan yang lain. Madu bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh bagian dalam, tapi juga kesehatan luar tubuh. Berikut ini manfaat madu secara terperinci.

Antiseptik
Madu mengandung glukosa oksidase yang dalam keadaan tertentu akan diubah menjadi peroksida. Ketika kulit kita terluka dan timbul borok, oleskan madu secukupnya pada area luka. Kandungan antiseptik di dalam madu akan membunuh kuman jahat yang menyebabkan luka tidak kunjung sembuh. Madu juga dapat meningkatkan fungsi jaringan untuk membentuk sel baru.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Selain bersifat antiseptik, manfaat madu untuk kesehatan yang lain adalah menumbuhkan jaringan baru pada area luka. Jaringan tersebut akan menutup kulit terluar dan terkadang menimbulkan jaringan parut (seperti berkerut). Ajaibnya, mengoleskan madu di sekitar luka dapat memperkecil area jaringan parut ini. Jadi, kulit anda dapat kembali halus.

Melindungi dari Ultraviolet
Sejak dulu orang percaya kalau madu dapat menyehatkan kulit kita. Selain melembabkan, madu juga memiliki antioksidan alami yang khusus menangkal serangan sinar ultraviolet. Sinar ini dapat merusak kulit kita sehingga menjadi kusam dan kering. Bila terpapar ultraviolet dalam jangka waktu lama, anda bahkan bisa terserang kanker.

Menstabilkan Gula Darah
Meskipun terasa manis dan kaya akan glukosa, tapi madu justru dapat menstabilkan gula darah. Mengapa demikian? Ini karena madu mengandung glukosa dan fruktosa alami yang penyerapannya bertahap. Berbeda dengan gula pasir yang langsung diserap semua sehingga gula darah melonjak. Madu disebut-sebut sebagai penstabil gula darah.

Menurunkan Kolesterol
Manfaat madu untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat menurunkan konsistensi LDL (lemak jahat) dalam darah sehingga tidak mengendap di dinding pembuluh darah.

Meningkatkan Imunitas
Rutin mengonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu, madu juga mengandung antioksidan yang melawal radikal bebas dan antibiotik yang dapat mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Obat Pernafasan
Bila anda sering terserang flu, pilek, asma, radang tenggorokan, bronkitis, dan semacamnya, cobalah menjalani terapi madu. Akar dari masalah kesehatan tersebut adalah hipersensitivitas atau infeksi kuman. Madu punya jurus untuk melawan keduanya. Pertama, zan antibiotik dan multivitamin akan meningkatkan sistem imunitas sehingga infeksi dapat ditekan. Kedua, madu mengandung antioksidan yang dapat menahan rangsangan berlebihan dari luar. Terapi madu ini perlu dilakukan dalam jangka waktu panjang karena madu bukan obat kimia yang berfungsi instan.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah kerapuhan tulang yang kerap menyerang wanita menopause. Sebelumnya, penyerapan kalsium di dalam tulang dibantu oleh hormon estrogen selama wanita itu masih subur. Sayang, wanita harus menghentikan produksi estrogen setelah menopause. Tapi jangan khawatir karena manfaat  madu untuk kesehatan juga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium menggantikan estrogen.

Mencegah Anemia
Bila anda kerap merasa pusing, lelah, letih, atau lesu, sebaiknya cek hemoglobin anda. Bisa jadi anda kurang darah. Untuk mengobatinya, tidak perlu pusing-pusing karena ada madu yang meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu membentuk haemoglobin baru dalam sel darah merah. Ternyata banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan kita.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya