Tuesday, October 1, 2013

Bahaya terlalu sering SMS-an untuk kesehatan

Baca Juga

Sering SMS-an ternyata tidak selalu memberikan kesenanga kepada kita untuk bisa terus berkomunikasi dengan siapapun. Menjamurnya berbagai lanyanan chatting gratis juga memicu kita untuk terus memandang layar smartphone kita untuk menunggu balasan chat atau sms dari orang-orang yang kita ajak berkomunikasi.



Sayangnya komunikasi yang dibangun lewat sms tidak selalu dapat dimengerti dengan baik bahkan terkadang sms atau chat yang kita tulis menjadi awal salah paham dengan orang-orang yang kita cintai. Penggunaan singkatan, tidak adanya intonasi, dan perbedaan penafsiran menjadi kesulitan tersendiri ketika kita berkomunikasi dengan bahasa chat atau sms.

Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan hal yang cukup memukau. Dari responden remaja Inggris yang diteliti menunjukkan bahwa semakin sering anak tersebut chat dan sms dalam sehari ternyata tingkat stressnya pun lebih tinggi.

Tidak hanya stress saja tetapi juga gangguan tidur juga bisa ditimbulkan dari seringnya ber-chatting ria atau sms semalaman. Bunyi ringtone sms juga menjadi penyebab kita menjadi susah tidur dan terbangung di tengah malam karena ingin segera membaca pesan terbaru. Dan kebiasaan ini membuat kita kecanduan dan ingin terus ber sms atau chat. 

Sering hal yang kita bicarakan di sms adalah hal yang tidak penting dan biasa saja akan berubah menjadi hal yang penting dan memancing keributan. Sebagai contoh ketika salah satu dari anda yang sedang chat tertidur karena kantuk yang tak tertahan lagi dan anda belum sempat berpamitan dari chatting tersebut. Maka lawan chatting anda bisa beranggapan bahwa anda marah atau tidak sopan karena meninggalkannya begitu saja. 

Kesalahpahaman yang banyak terjadi saat anda menggunakan pesan teks di smartphone memang menjadi pikiran teresendiri bagi penggunanya. Oleh karena itu ketika anda menggunakan pesan teks saat berkomunikasi sadarlah akan keterbatasan bahasa yang ada dan bijaklah saat berkomunikasi dengan pesan teks.

Tak ada salahnya anda membeli paket telp yang tersedia untuk mejaga komunikasi yang baik dengan orang-orang disekitar anda dan kesehatan anda pun bisa terjaga lebih baik. Kesalahpahaman yang ada pun bisa diminimalisir.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya